Fita
Share

Meditasi membantu metabolisme?

Artikel
Meditasi membantu metabolisme?

Bicara tentang membakar kalori, yang pertama terbayang di benakmu mungkin latihan fisik seperti kardio dan mengurangi porsi makanan berlemak. Namun, bagaimana kalau ternyata pikiran kita juga bisa dilatih untuk membantu metabolisme tubuh lewat bermeditasi. Seperti yang kita tahu, meditasi adalah latihan memfokuskan pikiran untuk meraih rasa damai dan ketenangan. Tapi apa hubungannya dengan metabolisme dan membakar kalori ya?

Meditasi bantu menurunkan stres yang sering dihubungkan dengan hormon seperti kortisol dan adrenalin. Kedua hormon tersebut memengaruhi metabolisme tubuh. Kortisol bisa menyebabkan penumpukan lemak di perut yang dapat mengganggu metabolisme, sementara adrenalin dapat memicu peradangan tubuh yang juga mengusik proses metabolisme.

Melalui praktik meditasi dan relaksasi pikiran, sistem tubuh kita ikut terbantu untuk mengembangkan kebiasaan makan dan pola hidup yang lebih sehat. Selain itu, hal ini juga membuat kita lebih sadar pada setiap tindakan yang akan kita lakukan, termasuk menahan diri untuk tidak makan atau ngemil karena emosi semata yang bisa menjadi kebiasaan tidak sehat.


Ditinjau oleh: Harry Freitag Luglio Muhammad, S.Gz, M.Sc, RD

Boost metabolism
Improve lifestyle
Improve wellness
Lifestyle
Weight loss
Wellness