Fita
Share

Apa yang terjadi pada tubuh saat jatuh cinta?

Artikel
13 Februari 2023
Apa yang terjadi pada tubuh saat jatuh cinta?

Dari lirik lagu yang dinyanyikan oleh Titiek Puspa, musisi legendaris di negeri ini, dikatakan bahwa jatuh cinta itu berjuta rasanya. Lagu tersebut juga menyatakan jutaan rasa ketika jatuh cinta bisa terasa dari siang hingga malam. Nyatanya, perasaan jatuh cinta memang terasa berbeda dengan perasaan lain. Bahkan tidak jarang perasaan ini muncul tanpa alasan yang jelas dan di waktu yang tidak dapat kita tentukan.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah yang sebenarnya kita rasakan saat sedang jatuh cinta? Dilansir dari publikasi Harvard Medical School, jatuh cinta membuat tubuh dapat merasakan berbagai macam reaksi biologis. Mulai dari jantung yang bisa berdebar lebih cepat, telapak tangan yang jadi berkeringat, sampai pipi yang tiba-tiba merona.

Ternyata, reaksi-reaksi seperti ini bukan muncul dari hati melainkan dari otak kita. Bagaimana otak bisa menimbulkan reaksi biologis ketika jatuh cinta? Selain itu, adakah manfaat jatuh cinta untuk kesehatan tubuh? Yuk, simak penjelasan lebih detail melalui artikel berikut ini.


Penulis: Azzahrah Nabilla Erdiana. Ditinjau oleh: Coach Kukuh Prayitnaning Adi, S. ST.

Fakta kesehatan
Falling in love
Hari kasih sayang
Health knowlegde
Hormon
Improve lifestyle
Jatuh cinta
Love
Valentine