Fita
Share

Haruskah jalan kaki 10.000 langkah dalam sehari?

Artikel
16 Januari 2023
Haruskah jalan kaki 10.000 langkah dalam sehari?

Jalan kaki dan lari adalah dua jenis olahraga yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain gratis, keduanya bisa dilakukan di lingkungan sekitar rumah.

Nah, apabila kamu rutin berjalan kaki atau berlari, kamu mungkin memiliki banyak pertanyaan di dalam kepala terkait kedua kegiatan tersebut. Contohnya seperti apakah jumlah 10.000 langkah per hari memang diwajibkan dalam gaya hidup sehat atau tidak.

Untuk golongan orang yang aktivitas hariannya sebagian besar berada di luar rumah, jumlah 10.000 langkah per hari memang relatif bisa dicapai. Ini juga terbukti dalam penelitian yang menyebutkan bahwa rentang langkah harian orang dewasa sebesar 4.000 hingga 18.000 langkah per hari.

Namun, target tersebut terlihat tidak realistis bagi orang yang tidak sering bepergian. Untuk menghindari gaya hidup tidak aktif (sedentary lifestyle), jumlah langkah sebesar 2.000 sampai 4.000 langkah per hari sudah dianggap cukup.

Ingin menjawab pertanyaan lainnya yang masih tersisa di pikiranmu tentang jalan kaki dan lari? Yuk temukan jawabannya di artikel ini!


Penulis: Visi Saujadani. Ditinjau oleh: Coach Relly Putri.

Health knowledge
Improve fitness
Improve lifestyle
Jalan kaki
Lari
Maintain health
Olahraga
Tips kesehatan