Share

Cara menghitung kalori di aplikasi Fita

Artikel
25 Mei 2022
Cara menghitung kalori di aplikasi Fita

Menghitung kalori, baik yang masuk dari asupan makanan maupun yang terbakar dari aktivitas fisikmu, merupakan salah satu cara untuk mencapai berat badan ideal. Namun, menghitung kalori memang cukup membingungkan jika kamu belum tahu caranya. Tenang saja, Fita akan membantumu menghitung kebutuhan kalori harian dengan mudah.

Pelajari cara menghitung kebutuhan kalori harianmu dengan mudah di aplikasi Fita.

Kalori target

Kalori target merupakan jumlah kalori yang dibutuhkan agar tubuhmu mampu berfungsi dengan baik. Nilainya dihitung berdasarkan berat badan, tinggi badan, usia, jenis kelamin, dan juga tingkat aktivitas fisik yang kamu lakukan. Informasi tersebut muncul saat kamu pertama kali melakukan registrasi dan bisa diakses kembali di profilmu.

Selain itu, kalori target juga sudah disesuaikan dengan target penurunan berat badan yang kamu inginkan setiap minggunya. Perlu diketahui, kalori target mempunyai angka minimum yaitu 1200 untuk perempuan dan 1500 untuk laki-laki.

Kalori tersedia

Lalu apa bedanya kalori target dengan kalori tersedia? Kalori tersedia merupakan “jatah” kalori yang bisa kamu konsumsi setiap harinya berdasarkan asupan makanan dan aktivitas olahragamu.

Jumlah kalori tersedia akan berkurang sesuai dengan jumlah kalori yang kamu tambahkan lewat fitur Log Meal. Sedangkan kalori yang terbakar saat kamu mencatat olahraga di fitur Log Exercise, akan meningkatkan kebutuhan energimu dan akan ditambahkan di kalori tersedia.

Berikut cara menghitung kalori tersedia adalah:

Kalori target - Kalori masuk dari asupan makanan + Kalori keluar dari olahraga

Idealnya, kalori tersedia tidak boleh minus karena itu berarti kamu mengonsumsi makanan lebih dari target kalori harian dan kurang melakukan olahraga. Jika terdapat lebih dari 100 kalori tersedia, maka sebaiknya kamu menambah asupanmu agar tetap memenuhi kebutuhan energi harian.

Bitesized knowledge
Diet tips
Health knowledge